Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Mengolah Ikan yang Benar dan Sehat

Cara mengolah ikan yang dianjurkan oleh para ahli agar menghidangkan menu ikan dua klai dalam seminggu. Dapat dihidangkan sebagai menu makan siang atau makan malam. Berikut ini empat petunjuk cara pengolah ikan yang benar.

Cara mengolah ikan
image: panduancara.com
- KEBERSIHAN. Jaga kebersihan ikan dengan menyianginya: membersihkan sisiknya, insangnya, dan jerohannya. Membersihkan jerohan adalah mengeluarkan isi perutnya dengan cara memotongnya mulai dari perut sampai ke kepala. Lapisan warna hitam pada dinding perut juga dibersihkan. Kemuadian cuci bersih.

- DAYA TAHAN. Daging ikan tertekstur lembut, sehingga daya tahannya terbatas. Daya tahan tersebut bisa ditingkatkan dengan caramembubuhinya dengan asam, atau air jeruk, atau cuka sehingga daging menjadi lebih padat dan tidak mudah hancur jika dimasak. Selain itu, bau anyir juga hilang.

- BUMBU. Sebaiknya hanya diberi garam secukupnya, karena rasa daging ikan sudah enak. Pemberian sedikit garam hanyalah untuk lebih menonjolkan rasa ikan, dan sebaiknya baru ditambahkan menjelang ikan diolah. Pemberian garam lebih awal akan membuat garam mencair dan membawa serta sari ikan, juga membuat ikan lebih kering.

- SELERA LEMBUT. Seperti pada umumya seafood, ikan juga mempunyai selera lembut. Karena itu, jika perlu diberi bumbu, sebaiknya dipilih bumbu yang tidak menghilangkan selera lembutnya



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengolah Ikan yang Benar dan Sehat

1 comments:

  1. Yang paling penting adalah menjaga kebersihan. Jaga kebersihan ikan dengan menyianginya: membersihkan sisiknya, insangnya

    ReplyDelete