Cara Menurunkan Berat Badan

Pertolongan Pertama Saat Sedang Berpetualang di Alam Bebas

Salah satu risiko suatu kegiatan di alam bebas ialah kecelakaan. Untuk menghindari atau mengurangi berbagai risiko tersebut, ada baiknya setiap penjelajah dibekali pengetahuan secara teori dan praktik mengenai prinsip penyelamatan penjelajahan, terutama yang dilakukan di pantai. Bahaya yang muncul pada kegiatan penjelajahan pantai, antara lain dehidrasi dan terjatuh di hutan.

1. Dehidrasi
Dehidrasi adalah kondisi tubuh kekurangan cairan. Dehidrasi disebabkan oleh keadaan alam yang panas, matahari terik, dan tiupan angin yang kencang. Adapun beberapa gejala dehidrasi yaitu tubuh lemas, kepala terasa pusing, dan terkadang mengakibatkan pingsan.

Upaya pertolongan pertama untuk menolong peserta yang mengalami dehidraai yaitu dengan menghentikan perjalanan, mencari tempat yang teduh, meletakkan korban pada posisi yang nyaman, memberi minum air putih sebanyak-banyaknya setelah siuman, dan menunggu beberapa saat sampai korban sanggup untuk melanjutkan perjalanan.

2. Terjatuh di hutan
Terjatuh di daerah semak atau bebatuan merupakan salah satu risiko dari kegiatan yang dilakukan di alam bebas. Akibat yang dialami pun cukup bervariasi dari luka lecet, memar, pendarahan hebat, hingga patah tulang.

Luka lecet, diakibatkan Oleh gesekan antara kulit dengan benda kasar sehingga akibat gesekan tersebut terkelupasnya sebagian kulit. Selain itu medan penjelajahan yang berbatu atau lembap akan memengaruhi kondisi kesehatan kulit, sehingga akan mengakibatkan lecet. Upaya pertolongan pertama terhadap luka lecet antara lain membersihkan luka dengan air bersih atau sabun bersihkan luka menggunakan alkohol dan kain atau kapas yang bersih, kemudian olesi luka dengan obat merah.

Luka memar, diakibatkan oleh benturan dengan benda tertentu. Benturan ini akan mengakibatkan pembengkakkan yang berwarna merah kebiru-biruan. Upaya pertolongan pertama yaitu kompres bagian yang bengkak dengan menggunakan air hangat dan kain lembut, kemudian kompres bagian yang bengkak dengan air dingin selama 3-5 menit. Olesi dengan balsam. Lakukan setiap hari sampai bengkaknya dan rasa nyeri hilang.

Patah tulang, diakibatkan oleh suatu kecelakaan yang cukup hebat. Pada bagian tulang yang patah sulit untuk digerakkan. Akibatnya akan terjadi pembengkakan dan perubahan warna yang menjadi membiru dan bentuk bagan tubuh yang berubah. Kecelakaan patah tulang, terbagi ke dalam dua bagian.

  • Patah tulang terbuka, akan menyebabkan pendarahan yang hebat. Upaya pertolongan pertama untuk patah tulang terbuka yaitu menghentikan pendarahan, menutup bagian tubuh yang luka dengan pembalut kain, meletakkan anggota tubuh yang patah pada posisi yang lebih tinggi daripada jantung, dan membawa korban dengan sangat hati-hati secepatnya ke dokter di puskesmas atau rumah sakit terdekat.
  • Patah tulang tertutup, tidak menyebabkan pendarahan. Upaya pertolongan pertama pada patah tulang tertutup yaitu meletakkan anggota badan yang patah pada posisi yang lebih tinggi daripada jantung jika terdapat luka di luar rawatlah luka tersebut terlebih dahulu, kemudian bawalah korban dengan sangat hati-hati ke dokter di puskesmas atau rumah sakit terdekat.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pertolongan Pertama Saat Sedang Berpetualang di Alam Bebas

0 comments:

Post a Comment