Cara Menurunkan Berat Badan

Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Manfaat Petai Bagi Kesehatan
Petai atau bahasa latinnya Parkia speciosa dari suku polong-polongan merupakan tanaman tropis yang berbuah tahunan. Tanaman ini banyak tersebar di Indonesia bagian Barat.

Karena baunya yang menyengat sebagian masyarakat enggan mengkonsumsinya, tetapi tidak sedikit pula yang sangat menyukai makanan yang satu ini, mulai dari yang segar sebagai lalapan, dimakan dengan sambal, atau dijadikan sebagai campuran masakan yang nikmat, tak heran petai sangat merakyat dikalangan masyarakat kita.

gambar petai

Dari baunya yang khas tersebut ternyata petai menyimpan berbagai macam manfaat yang sangat berguna bagi tubuh, harganya pun tidak menguras kantong, sehingga bisa menjadikan petai salah satu makanan yang sehat dan murah.

Sebelum membahas manfaat dari petai, terlebih dahulu kita lihat apa saja yang terkandung didalamnya. Dalam hal ini kita bandingkan petai dengan apel, dalam hal harga sudah pasti apel lebih mahal, tetapi tunggu sebentar kita lihat dahulu kandungan yang terdapat pada keduanya, menurut penelitian dibandikan apel, petai memiliki protein 4x lebih banyak, karbohidrat 2x lebih banyak, 3x lipat fosfor, 5x lipat mengandun vitamin A dan zat besi  lebih banyak, dan 2x lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya. Selain itu petai juga mempunyai energi yang baik yaitu 142 kkal per 100gr biji, lebih dari itu petai mengandung 3 macam gula alami yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa ada juga serat, dengan begitu petai bisa memberikan tenaga yang bertahan lama bagi yang mengkonsumsinya.

Sekarang sudah tahu kandungan dalam petai dibandingkan dengan apel, Nah sekarang kita akan membahas tentang manfaat petai bagi kesehatan.

Sebagai penangkal radikal bebas

Radikal bebas dalam makanan yang digoreng atau dibakar, bahkan dari asap kendaraan sangat berbahaya bagi tubuh untuk itu petai yang mengandung antioksidan dapat menangkal radikal bebas itu. Radikal bebas akan tidak berdaya jika berhadapan dengan antioksidan.

Mengembalikan mood saat menstruasi

Vitamin B6 yang terkandung dalam petai dapat mengatur kadar gula darah, sehingga akan menumbuhkan mood kembali. Kadar zat besinya yang 1,2mg/100g dapat membantu pembentukan sel darah merah saat terjadi anemia.

Menjaga saluran pencernaan

Kandungan serat dietary fibers yang terdapat dalam petai sangat baik untuk menjaga saluran pencernaan. Petai juga mampu menurunkan asam lambung.
Dari semua kelebihan petai tersbut, sudah seharusnya kita tidak melupakan makanan yang sehat dan murah ini.
Saran dari penulis walaupun petai mempunyai banyak manfaat tetap saja kita tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan. Konsumsilah seperlunya saja.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Petai Bagi Kesehatan

0 comments:

Post a Comment