Artikel tentang kesehatan terbaru

Cara Mencegah Penyakit Gagal Ginjal Secara Alami

Cara Mencegah Penyakit Gagal Ginjal Secara Alami

Pada pertemuan kali ini saya akan membahas tentang ginjal, Saat sekarang ini banyak orang yang kurang peduli dengan kesehatan ginjal khususnya masyarakat Indonesia, padahal ginjal sangat penting peranannya bagi kesehatan. Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mencegah penyakit pada ginjal alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu ginjal.

Apa itu ginjal?

Ginjal adalah salah satu organ ekskresi yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari Sistem ekskresi, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari dalam darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin.
gambar ginjalPada manusia Ginjal ada dua pasang yang berat masing-masingnya sekitar 150 gram, masing-masing terletak dibagian kanan dan kiri tulang belakang. Sebagai salah satu organ ekskresi, fungsi ginjal sangat penting bagi kehidupan.

Penyakit pada ginjal

Macam-macam penyakit pada ginjal adalah Ginjal Akut, Ginjal Kronik, dan Gagal Ginjal. Dari semua penyakit pada ginjal tersebut Gagal Ginjal adalah penyakit yang paling mengerikan, karena ginjal sudah tidak dapat lagi penyaring kotoran-kotoran dan zat sisa yang terdapat dalam darah.

Cara pencegahan

Untuk menghindarkan kita dari penyakit-penyakit seperti diatas silahkan lakukan tips berikut:

1. Olah raga secara teratur

Olah raga selain baik bagi kesehatan ternyata dapat juga mengurangi resiko penyakit pada ginjal, olah ragalah secara teratur, walaupun olah raga ringan asalkan teratur akan lebih baik dari pada olah raga berat tetapi tidak teratur.

2. Hindari Obesitas

Obesitas atau kegemukan dapat berakibat pada penyakit ginjal, maka dari itu mulai sekarang carilah berat badan yang ideal, agar terhindar dari penyakit ginjal.

3. Air putih yang cukup

Konsumsilah air putih yang cukup sesuai kebutuhan, tidak berlebihan dan tidak terlalu sedikit, hindari mengkonsumsi minuman beralkohol, Narkotika, Sabu dan yang diharamkan oleh Agama dan negara.
Hindari juga mengkonsumsi obat-obatan (Seperti obat sakit kepala, dll)   terlalu sering kecuali atas resep dokter.

4. Kurangi mengkonsumsi makanan berlemak

Mengkonsumsi makanan berlemak berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, dan ginjal harus bekerja ekstra keras.

5. Cek kesehatan ginjal secara berkala

Anda dapat mengecek kesehatan ginjal dirumah sakit, sekaligus dapat mengecek kesehatan tubuh anda. Lakukan secara berkala.

Terimakasih telah membaca tulisan saya. 
"Lebih baik mencegah dari pada mengobati"

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mencegah Penyakit Gagal Ginjal Secara Alami

5 comments:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    ReplyDelete
  2. sama2:)
    salam kenal juga, UII yang deket amikom tu ya?

    ReplyDelete
  3. artikelnya bagus, makasih banyak infonya

    ReplyDelete